Menu Kuliner Apa Yang Ada Di Pangkal Pinang Bangka?

Ketika mendengar kata Bangka, apa yang anda pikirkan??? Um,… pasti makanannya!!! Mie dan Martabak Bangka yang terkenal enak banget. Tapi, tau gak sih, kalau yang enak di Bangka bukan cuma Mie dan Martabak doang, tapi ada Es Anggrek yang dijamin bakal bikin anda merem merek.

Nama es nya sendiri didapat dari nama restonya ANGGREK. Ini semacam es yang diblender lalu dikasih sirup buatan sendiri. Es nya ini lembutnya minta ampun… ampe waktu makan, aku pikir sedang makan es krim. Karena selain lembutnya minta ampun, sirupnya juga ueeenak tenan.

Disini banyak makanan daerah yang rumahan (jarang looo di Bangka yang restonya jual makanan daerah), disini ada rusip (ikan yang difermentasi lalu makannya nanti sebagai pendamping lalap, hm… aku sih nggak suka soalnya rasanya aneh, tapiiii inilah makanan daerah khas Bangka banget yang selalu dirindu orang Bangka yang merantau).

Terus ada lempah darat (isinya sayur sayuran) dan lempah kuning (isinya ikan… naaa yang ini aku suka banget… soalnya nggak tau karena restonya masaknya enak atau emang rasa lempah kuning itu seperti ini, yang jelas aku suka lempah kuning di greeng)… selain ketiga makanan itu di sini masih banyak makanan daerah khas Bangka yang lainnya.

Menu khas lainnya yang terkenal di Bangka adalah Mie Koba. Mie berkuah warna coklat ini memiliki rasa laut yang cukup kuat. Rasanya agak agak mirip Mie kangkung yang ada di Glodok, warnanya pun mirip, kecoklatan. Mie ini sangat terkenal di Bangka dan menjadi pelipur kangen bagi warga bangka yang pulang kampung dari merantau.

Otak otak Konkim Dahsyat

Otak otaknya asli ikan!!! Banyak ikan daripada sagunya dan kalau di Jakarta itu kan otak otak kadang suka kerasa santannya naaa kalau ini enggak. Lalu disini ada beberapa jenis saus ( :p aku lupa abis ke bangkanya udah lama sih) … ada tauco dan kacang. Sausnya ini juga enak banget deee… beda ma yang di Jakarta.

Makan di pinggir pantai

Oya untuk makan pagi, bisa sekalian jalan jalan nih, ke pasar pagi Pangkal Pinang, disana ada toko kue Athet yang sangat terkenal. Terkenal karena selain dagangnya sudah lama, jajanan dan makanan yang ia jual hampir semua khas bangka dan enaaaaak untuk alamat, langsung aja datang ke Pasar Pangkal Pinang. tapi jangan lewat dari jam 7 pagi ya … karena enak, daganganpun cepat habis.

Dan bagi orang Bangka sendiri, wajib hukumnya untuk bisa memasak makanan khas Bangka biar cuma beberapa. Nah untuk itu jangan sungkan jika tuan rumah akan memasak sesuatu buat anda.

Saat kesana, saya di jamu oleh keluarga teman saya, Mas Barkat. Mereka ramaaah sekali dan disana saya dibuatkan sambelingkung. wow… darinamanya saya pikir ini adalah makanan yang super pedas ’sambal’ men ’sambal’. ternyata wkakakkaa… sama sekali gak ada pedas pedasnya. Karena ternyata sambalingkung itu sebutan untuk ‘abon’.

Masak sambelingkung dengan penuh cinta

Kita pagi pagi kepasar lalu membeli ikan tenggiri. Kemudian seharian itu mereka sibuk mengolah si sambalingkung. Ketika jadi? ouwwwww … enak sekali. gurih sekali…. benar benar ya Bangka ini,… semua makanannya enaaaak … oya saya dibuatkan juga rusip. Rusip ini merupakan sambal cocolnya orang Bangka.

Ikan apa tu namanya yang kecil kecil dah pokoknya yang difermentasi selama 1 minggu. rasanya??? jangan tanya dah … kalau nggak biasa mending gak usah makan wkakakkaa …. bukan apa – apa… buat orang Bangka itu merupakan makanan wajib dan merupakan makanan yang selalu di rindu para perantau. Tapi buat yang belum pernah makan seperti saya … um … hik hiks … aromanya sangat menyengat … dilidahpun terasa sangat kuat melekat … alhasil seluruh keluarga Mas Barkat pun tertawa dan bilang, “Sudah jangan dipaksa. orang luar bangka memang biasaya gak suka karena terlalu kuat aromanya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.